Cara Pencegahan Penyakit Bursitis

Cara Pencegahan Penyakit Bursitis

Setelah sebelumnya melakukan pembahasan mengenai penyakit bursitis secara mendalam, selanjutnya kita akan melanjutkan pembahasan lainnya mengenai Cara Pencegahan Penyakit Bursitis. Terima kasih telah berkunjung ke website www.khasiatwalatrasehatsendi.web.id. Situs resmi yang menawarkan sebuah kreasi dan inovasi untuk membantu mengatasi berbagai permasalahan penyakit sendi dan tulang anda. Berdasarkan bahan-bahan alami pilihan dengan kualitas terbaik, ramuan herbal ini tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan tubuh. 


53 - Cara Pencegahan Penyakit Bursitis

Semoga informasi yang akan kami sampaikan berikut ini dapat bermanfaat dan mampu membantu menyembuhkan penyakit anda aamiin. 

Mengenal Sekilas Penyakit Bursitis

Penyakit bursitis ini dapat menimpa siapapun. Akan tetapi faktor tertentu bisa meningkatkan resiko untuk terserang penyakit bursitis ini. Penuaan dan pekerjaan atau hobi yang membutuhkan gerakan berulang atau tekanan pada bursa tertentu pada sendi.

Setiap orang memiliki permasalahan yang berbeda-beda di dalam mengalaminya. Gejala umum yang paling sering dirasakan oleh kebanyakan orang ialah rasa sakit, pembengkakan, kekakuan, kemerahan dan sulit untuk menggerakan sendi yang sedang bermasalah.

Baca Juga : Obat Alami QnC Jelly Gamat

Apabila gejala penyakit bursitis ini disertai dengan demam atau gejala bursitis yang tidak kunjung membaik dalam kurun waktu dua minggu, sebaiknya anda segera melakukan konsultasi dengan dokter atau ahlinya. Karena pihak medis kemungkinan akan bisa mengambil suatu sampel cairan dari bursa sendi, yang selanjutnya akan dibawa ke laboratorium untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.

Selain dengan mengkonsumsi obat-obatan dan melakukan terapi tradisional, ada juga cara yang dapat dilakukan untuk meredakan gejala nyeri dan peradangan atau pembengkakan dari penyakit bursitis ini.

Berikut beberapa cara sederhana untuk meredakan rasa sakit dan pembengkakan, Diantaranya :

  • Apabila penyakit bursitis ini terjadi pada area pinggul, lutut, atau pergelangan kaki, sebaiknya jangan berdiri terlalu lama.
  • Jangan sampai ketika tidur dengan posisi menyamping langsung mengenai area atau bagian tubuh yang terkena penyakit bursitis ini.
  • Gunakan alat pelindung untuk tidak memperburuk kondisi yang sedang mengalami pembengkakan.
  • Menggunakan bantalan pada saat tidur untuk membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan.
  • Kompres menggunakan kantung es pada area bursitis dengan durasi waktu sekitar 10-20 menit, harus diulang setiap beberapa jam sekali.

Gejala umum pada penderita Bursitis

Penyakit bursitis ini dapat ditandai oleh beberapa gejala umum berikut ini, diantaranya :

  • Di area yang terkena terdapat infeksi
  • Kulit terlihat rusak
  • Rasa nyeri di area bagian yang bengkak
  • Peradangan atau pembengkakan yang diiringi dengan memerah, menonjol dan terasa hangat jika diraba.

Ini harus menjadi perhatian, karena gejala yang sering muncul pada penyakit bursitis ini adalah rasa sakit yang muncul secara perlahan atau mendadak. Kekakuan dan pegal serta berpindah-pindah juga bisa saja terjadi, walaupun angka kejadiannya tidak terlalu banyak.

Bagaimana cara pencegahan untuk penyakit bursitis ?

Jangan terlalu khawatir untuk penderita penyakit bursitis, karena penyakit ini dapat dicegah supaya tidak menyerang pada tulang dan persendian anda. Sehingga anda akan bisa beraktivitas dengan bebas. Jangan sampai akibat dari penyakit bursitis ini dapat mengganggu kegiatan sehari-hari anda. Meskipun tidak semua jenis penyakit bursitis dapat dicegah, tetapi anda dapat mengurangi resiko tingkat keparahan penyakit bursitis ini.

Berikut beberapa cara untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan agar menjadi terhindar dari penyakit bursitis, diantaranya :

  • Melaksanakan pemanasan (Stretching) sebelum berolahraga, Karena pemanasan ini dapat mencegah terjadinya cedera pada sendi pada dan otot tubuh ketika pada saat berolahraga. Apabila dilakukan dengan benar, maka resiko terjadinya cedera akan sangat minimal sekali.
  • Berat badan tidak berlebihan, Karena dapat menimbulkan terjadinya penyakit bursitis ini. Berat badan yang berlebih juga dapat menimbulkan penekanan yang berlebih terhadap sendi
  • Lindungi area persendian ketika beraktivitas, seperti pada saat bermain sepeda, tenis, dan golf, sebaiknya selalu menggunakan pelindung di area rawan terkena penyakit bursitis.
  • Apabila melakukan aktivitas secara berulang-ulang pada persendian, perlu melakukan istirahat secara berkala agar tidak terjadi penekanan yang berlebih.
  • Gunakan alat olahraga yang sesuai dan sesuai khusus dibidangnya untuk jenis olahraga yang akan anda lakukan. Seperti melakukan kegiatan lari, gunakan sepatu untuk berlari (running shoes).

Demikian pembahasan mengenai Cara Pencegahan Penyakit Bursitis yang dapat kami sampaikan, semoga dengan adanya pembahasan informasi ini dapat membantu untuk mempercepat penyembuhan penyakit bursitis yang anda alami aamiin. Baca Disini –> Obat Tradisional Bursitis 

Baca Juga :

Obat Tradisional De Quervain di Apotik

Makanan Pantangan Untuk Penyakit CTS

Manfaat Jahe Merah Untuk Penyakit CTS

Obat Tradisional Bursitis di Apotik

Obat Tradisional Tendinitis di Apotik

Cara Pencegahan Penyakit Bursitis

1 Trackback / Pingback

  1. Obat Herbal Fibromyalgia di Apotik - Khasiat Obat Herbal Sehat Sendi

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*