Jenis-Jenis Penyakit Pada Sendi

Jenis-Jenis Penyakit Pada Sendi

LUTUT ANDA SAKIT KETIKA DIGERAKAN ?

SULIT BEKERJA KARENA BADAN TERASA NGILU ?

Jenis-Jenis Penyakit Pada Sendi – Pada zaman ini sudah bukan menjadi rahasia umum lagi setiap orang mengalami nyeri pada persendiannya. Tidak hanya kaum tua saja tetapi yang muda pun bisa merasakan akibatnya. Memang tidak hanya dari faktor keturunan saja, tetapi dalam hal pola hidup yang kurang sehat juga dapat sangat mempengaruhi. Seperti jam waktu tidur yang kurang, kurang nya berolahraga, memakan makanan yang kurang sehat atau kurang bergizi. Penderita nyeri sendi bisa berlangsung singkat atau bisa juga beberapa waktu yang lama. Tergantung tingkat keparahannya. termasuk juga tingkat keparahannya bisa beberapa macam tingkatan, ada yang mulai dari ringan, menengah, hingga ke yang terberat. Yang bisa membuat penderita banyak mengalami banyak gangguan di dalam kehidupannya sehingga banyak aktivitas yang terhambat. Segera tangani dengan serius apabila sudah terasa nyeri yang berlebihan. Berikut beberapa Gejala Nyeri Sendi :

  • Merah dan bengkak di daerah sendi
  • Sensasi hangat saat disentuh
  • DemamBlank Wallpaper HD 620x388 - Jenis-Jenis Penyakit Pada Sendi

 

 

Adapun beberapa Jenis-Jenis Penyakit Pada Sendi  yang sering muncul di indonesia adalah sebagai berikut :

1. Arthritis

Mungkin sedikit asing mendengar nyeri sendi yang satu ini. Artrhitis dapat terjadi akibat infeksi maupun tanpa infeksi. Secara ilmiah Nyeri Sendi Artrhitis adalah pelepasan mediator inflamasi dari leukosit, kondrosit, sinoviosit sehingga menyebabkan kehilangan proteoglikan dan matriks ektrasekukar kartilago, sehingga terjadi kerusakan tulang. Yang banyak didengar dan diketahui oleh kita yaitu Rematik. Nyeri sendi ini biasanya mempengaruhi pergelangan tangan,pinggul dan lutut. Artrhitis ini terbagi menjadi 3 bila dalam bentuk yang umum, yakni Osteoartrhitis, Reumatoid, Sepsis.

  • Osteoartrhritis, yakni disebabkan oleh trauma pada persendian, infeksi pada persendian, atau usia. Rasa sakit dari Oseteoartrhitis dapat dikurangi meskipun harus dengan biaya mahal kadang juga harus melakukan istirahat untuk beberapa waktu yg cukup lama.
  • Reumatoid, yakni merupakan penyakit yang terjadi pada saat tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuhnya sendiri. Sehingga dapat mengakibatkan peradangan yang cukup lama. Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko terhadap nyeri sendi dalam bentuk Reumatoid seperti faktor usia, genetika, lingkungan, obesitas dan kebiasaan merokok.
  • Sepsis, yakni komplikasi yang apabila terjadi infeksi pada sendi mengakibatkan suatu penyakit yang fatal, karena dapat menyebabkan kematian pada penderitannya. tua maupun muda bisa saja terkena penyakit ini.

2.  Radang Sendi

Untuk yang satu ini mungkin sudah populer dikalangan masyarakat. Agar mengetahui keadaan pasien, dokter akan melakukan pengecekan fisik terhadap pasien. Antara lain mengamati adanya pembengkakan dan melihat kemampuan pasien dalam menggerakan sendi. Gejala yang umum terjadi pada Radang Sendi adalah sebagai berikut :

  • Nyeri dan kaku pada sendi.
  • Gerakan sendi terbatas.
  • Kulit pada sendi berubah menjadi merah dan hangat.
  • Otot sekitar sendi mengecil dan kekuatannya menurun.

3. Encok/Gout atau Pseudogout

Encok/Gout disebabkan oleh penumpukan asam kristal pada tubuh dalam satu ikat. Encok menyebabkan sakit tiba-tiba, dan juga kemerahan pada sendi. Karena ginjal tidak sanggup mengolah atau memproses zat asam urat yang terlalu berlebih dari makanan yang dikonsumsi oleh kita. Ketika kadar asam urat sudah tinggi maka akan terjadi penumpukan yang dapat menjadikan adanya pembentukan kristal pada sendi. Bagi penderita encok bisa diringankan atau dipermudah dengan cara sering berolahraga dan memakan makanan sehat. Penyebab-penyebab encok antara lain :

  • Obesitas
  • Banyak minum alkohol
  • Merokok
  • Suhu yang terlalu dingin
  • Kerja terlalu berat

4. Sakit Lutut

Untuk yang satu ini mungkin semua pernah mengalami, bahkan dari anak usia dini sampai yang usia tua. Karena hal ini dapat terjadi pada orang-orang yang masih aktif dalam beraktivitas. Faktor yang sangat mempengaruhi dari cedera lutut yakni :

  • Berat tubuh yang terlalu berlebihan, sehingga membuat tulang lutut harus menahan berat tubuh yang sangat berat.
  • Dari berolahraga mungkin sudah banyak yang mengalami, contoh kecilnya dari bermain sepakbola.
  • Memiliki riwayat cedera lutut yang berkepanjangan

5. Keseleo dan Tegang

Sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat mengenai yang satu ini, karena kebanyakan orang pernah mengalami hal seperti ini. Baik itu yang keseleo yang ringan maupun berat sekalipun. Kebanyakan orang mengobatinya dengan cara tradisional, yakni dengan cara dipijat atau diurut. Ini sudah menjadi kebiasaan dimasyarakat yang bilamana ketika seorang anak kecil jatuh dan mengalami pembengkakan pada bagian tubuhnya akan langsung memanggil tukang pijat atau urut. Menurut anggapan mereka supaya menghilangkan rasa sakit atau pembengkakan yang berlebih. Padahal menurut medis hal ini tidak boleh dilakukan. Mengapa tidak boleh ? Dikarenakan dapat merusak atau menambah rasa sakit yang ada pada dalam tubuh tersebut. Misalkan ada seorang pasien yang mengalami retak atau patah tulang dengan cara dipijat atau diurut maka yang terjadi akan memperparah keadaan dari pasien tersebut. Tulang yang retak itu bisa saja menjadi tidak tumbuh dengan benar. Seharusnya bisa dilakukan dengan medis sekitar 6-8 bulan, ini bisa menjadi petaka bagi yang mengalami hal seperti ini. Bukan bermaksud untuk meniadakan pijat atau urut, justru pijat itu perlu bagi orang yang lelah atau kecapean dalam beraktivitas. Misal dalam hal bekerja yang terus menerus lembur dan lupa untuk berolahraga, itu sangat bermanfaat juga bagi yang banyak melakukan aktivitas dalam kehidupannya. Bahkan dapat merileksasikan tubuh dari yang tadinya lelah menjadi bisa fit atau bugar kembali. Tingkat keparahannya dibagi menjadi 3 :

  • Keseleo ringan, Pembengkakan dan robek sedikit pada ligamen sehingga tidak akan menimbulkan efek yang besar terhadap sendi. Hal ini terasa adanya rasa sedikit nyeri.
  • Keseleo sedang, Pembengkakan yang cukup parah sehingga memengaruhi sedikit pada kestabilan sendi.
  • Keseleo berat, Pembengkakan dan rasa sakit yang sangat parah. Sehingga ligamen putus dan sendi menjadi tidak stabil disertai kerusakan pada jaringan disekitarnya.

Baca Juga  : Khasiat QnC Jelly Gamat

6. Spondilosis Lumbalis

Spondilosis adalah Oseteoartrhitis pada bagian tulang belakang. Penyebab utamanya adalah degenerasi atau penuaan pemakaian berlebihan (seperti engsel pintu yang suatu saat akan aus, begitu pula halnya pada sendi). Sehingga tujuan utamanya bukanlah untuk menyembuhkan secara sempurna tetapi untuk memperbaiki agar mengurangi gejala dan memperbaiki kualitas hidup.

7. Ischialgia

Ischialgia yaitu suatu kondisi dimana dimana saraf ischiadikus yang mempersarafi daerah bokong sampai ke kaki terjepit. Biasanya terjadi sakit yang menyebar seperti tersengat dari boko

ng menyebar ke paha, betis, sampai ke kaki. Rasa nyeri bisa bertambah ketika anda bersin, batuk , dan mengejan. pada saat mengangkut barang-barang yang berat, terlalu banyak membungkukan badan itu bisa langsung mempengaruhi pada keadaan tubuh anda sehingga bisa menyebabkan kelemahan pada tungkai yang terkena. penjempitan saraf ini biasanya disebabkan adanya pengapuran pada tulang belakang.

8. Fraktur Collum Femur

Fraktur Collum Femur adalah disebabkan oleh kerapuhan tulang akibat dari penuaan dan juga osteoporosis. Penyakit yang satu ini biasa terjadi pada usia 60 tahunan dan lebih sering kepada wanita. Penyebabnya kebanyakan bisa  terpelintir terutama pada manula wanita yang mana pinggulnya terpuntir ke arah ekstensi rotasi.

9. Trigger Finger

Trigger finger adalah rasa nyeri atau kaku ketika meluruskan atau menekukan jari. Penyebab dari Trigger finger tidak selalu jelas. Ada beberapa penyebab yang mungkin dapat memicu terjadinya trigger finger ini yakni :

  • Tegang karena gerakan yang berulang
  • Tekanan yang dirasakan jari
  • Menggenggam objek dengan sangat kuat dengan waktu yang lama

10. Low Back Pain

Low back pain yakni sakit dibagian bawah tulang belakang atau punggung sehingga menyebabkan menjadi sakit pinggang. Gejala dapat berkisar dari nyeri pada titik tertentu pada pinggang

 atau memburuk dengan gerakan tertentu seperti duduk atau berdiri. Bila sudah mengalami nyeri pinggang yang akut harus segera diobati. Karena bila tidak, seseorang itu akan mengalami depresi yang berat.

11. Frozen Shoulder

Frozen shoulder adalah sulitnya gerak seseorang, pada gerakan sendi bahunya. Sehingga akan menyulitkan dalam beraktivitas di dalam kehidupan sehari-hari. Untuk beberapa orang gejala ini akan memburuk, terutama di malam hari. Yang mengalami hal seperti ini kebanyakan perempuan yang usianya 40 tahunan.

12. Tortikolis

Tortikolis adalah suatu gangguan pada sendi leher yang menyebabkan kita melihat seseorang dengan kepala atau leher yang menyaping. Penyebab Tortikolis bermacam-macam, ada yang diturunkan oleh gen keturunan orang tua kepada anaknya, kerusakan pada otot leher atau bahkan kerusakan pada saraf.

13. Fibromialgia

Fibromialgia adalah sekumpulan kelainan penyakit yang meliputi rasa sakit pada tendon (yang menghubungkan otot dengan tulang). Kekakuan atau rasa sakit yang dialami penderita bisa meliputi seluruh tubuh atau terbatas pada daerah tertentu. Fibromialgia ini dapat menyerang kaum anak-anak hingga dewasa tetapi kebanyakan menyerang wanita.

14. Tension Headed

Tension headed adalah sakit kepala yang akut akibat dari depresi yang berat tanpa diketahui apa penyebabnya. Berbeda denga migrain atau sakit kepala biasa karena stress kecapean bekerja atau beraktivitas. Ini bisa terjadi pada kalangan dewasa. Pada umumnya frekuensi terasa sakitnya itu hampir ada setiap hari. Sakitnya berdenyut dibagian depan, belakang hingga dapat mempengaruhi bagian atas kepala.

15. Tennis Elbow

Tennis elbow adalah suatu kesakitan yang terjadi pada sikut karena rusaknya otot terutama dibagian luar. Meskipun tidak menutup kemungkinan menyebar kebagian-bagian yang lain.

16. Carpal Tunnel Syndrome

Carpal tunnel syndrome adalah penyakit yang mempengaruhi pergelangan tangan dan tangan. yang membuat efek dari kondisi ini seperti kesemutan, mati rasa, atau rasa sakit yang menusuk seperti jarum pada pergelangan tangan. Bagian yang sering terpengaruh adalah bagian jari jempol, tengah , dan telunjuk.

17. Tendinitis Bicipitalis

Tendinitis bicipitalis adalah peradangan atau iritasi pada tendon. Regangan terus-menerus, penggunaan berlebihan, atau penyalahgunaan tendon yang menyebabkan cedera stres yang berulang-ulang. Umumnya sering terjadi dibagian siku, bahu, tumit, dan pergelangan kaki.

18. Thoracic Outlet Syndrome

Thoracic outlet syndrome adalah kondisi dimana saraf dada atau pembuluh darah saraf di lengan merasa tertekan.

19. Juvenile Artrhitis

Juvenile artrhitis adalah peradangan pada persendian pada usia dibawah 16 tahun yang menetap selama 6 minggu tanpa adanya sebab khusus. Kebanyakan disebabkan oleh autoimunitas.

20. Ankilosing spodilitis

Merupakan penyakit jaringan ikat yang ditandai dengan peradangan pada tulang belakang dan sendi-sendi yang besar, menyebabkan kekakuan dan nyeri. Penyebabnya tidak diketahui, tetapi penyakit ini cenderung menyerang anggota keluarga, menunjukkan adanya peran dari genetik.

21. Hernia Nukleus Pulposus

Hernia nukleus pulposus  adalah dimana bantalan diantara tulang belakang keluar dari posisi yang tidak semestinya dan menyebabkan saraf terjepit pada bagian belakangnya. istilah ini bisa disebut sebagai “Saraf Terjepit”.

22. Dislokasi HIP

Merupakan perubahan yang membangun sendi sehingga terjadi perpindahan pada sendi tersebut. Biasanya terjadi sebab penyakit ini adalah terlalu melebihi atau melampaui batas dari kemampuan tubuh kita sendiri ( terlalu memaksakan ).

23. Calcaneus Spur

Calcaneus spur yaitu dimana dalam pertumbuhan tulangnya seperti jalu ayam pada tumit kakinya. Calcaneus merupakan tulang terbesar pada tumit kaki yang mampu atau bisa menopang seluruh beban yang ada pada seseorang.

24. Kifosis

Kifosus adalah merupakan keadaan dimana tubuh membungkuk disebabkan oleh faktor usia dan kebiasaan-kebiasaan yang dapat mempengaruhi bentuk tubuh itu sendiri. Bahkan bisa bisa disebut kelainan, karena tubuhnya yang condong menghadap ke arah depan.

25. Lordosis

Lordosis adalah Bentuk tubuh yang bagian bawah pinggang sangat condong maju ke arah depan. Sehingga bisa disebut melengkung ke depan kebalikan dari Kifosis. Penderitanya bisa merasakan sakit punggung dan kaki.

26. Skoliosis

Skoliosis adalah kelainan badan yang berupa kelengkungan bentuk tubuh yang terlalu dominan ke samping secara tidak normal. Skoliosis ini bisa menyerang anak-anak remaja yang masih dalam tahap pubertas.

27. Osteoporosis

Osteoporosis adalah Kepadatan tulang menurun, membuat keadaan tubuh menjadi rapuh, rentan, dan mudah patah akibat pengeroposan tulang. Biasanya terjadi kepada kaum tua yang sudah mengalami banyak penurunan daya tahan tubuh.

28. Plantar Fasciitis

Plantar fasciitis adalah sebuah penyakit pada bagian tumit kaki yang jika terlalu banyak tekanan pada kaki akan menimbulkan cedera atau robek pada jaringan tersebut.

29. Fraktul Humeris

Fraktul humeris adalah cedera pada tulang humeris dengan cukup keras, baik secara langsung maupun tidak. Fraktul humeris ini dapat menimbulkan korban siapa saja, karena bisa terjadi kapan saja. Tingkat keparahannya juga tergantung yang melakukan apakah itu keras atau ringan.

30. Osteomalasia

Osteomalasia adalah pelemahan tulang didalam tubuh diakibatkan kurangnya asupan zat mineral yang dibutuhkan oleh tulang, yakni vitamin D, fosfat, dan kalsium. Jika Osteomalasia disamakan dengan Osteoporosis tentu sangat berbeda. Osteomalasia itu kurang nya asupan vitamin D sehingga membuat tulang menjadi rapuh dan mudah patah, sedangkan Osteoporosis itu pelemehan tulang yang sudah jadi diakibatkan usia ataupun kecelekaan.

Demikian ulasan kesehatan mengenai Jenis-Jenis Penyakit Sendi, semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan anda aamiin. Untuk anda yang sedang mencari solusi terbaik untuk mengobati berbagai penyakit sendi dan tulang anda,  kami menganjurkan agar mengkonsumsi Walatra Sehat Sendi secara teratur dari sekarang. Untuk informasi selengkapnya mengenai Khasiat Walatra Sehat Sendi silahkan klik -> khasiatwalatrasehatsendi.web.id

Baca Juga : 

Mengenal Penyakit Arthritis Gejala dan Pengobatannya

Mengenal Penyakit Gout (Asam Urat) Gejala dan Pengobatannya

Mengenal Penyakit Encok Gejala dan Pengobatannya

Mengenal Penyakit Radang Sendi Gejala dan Pengobatannya

Mengenal Penyakit Sakit Lutut Gejala dan Pengobatannya

Jenis-Jenis Penyakit Pada Sendi

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Mengenal Penyakit Gout (Asam Urat) Gejala dan Pengobatannya
  2. Mengenal Penyakit Sakit Lutut Gejala dan Pengobatannya
  3. Manfaat Lada Hitam Untuk Mengatasi Tulang Belikat dan Sendi
  4. Cara Mengatasi Sakit Tulang Belikat Dengan Mudah dan Aman

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*