Manfaat Jahe Merah Untuk Penyakit CTS

Manfaat Jahe Merah Untuk Penyakit CTS

Manfaat Jahe Merah Untuk Penyakit CTS – Sudah sejak lama tanaman jahe ini dijadikan sebagai resep bumbu dapur atau pun jamu tradisional oleh masyarakat Indonesia. Khasiat dan manfaat nya sudah terbukti sejak dari dulu. Tetapi apa bedanya jahe merah dengan jahe biasa pada umumnya ?

50 - Manfaat Jahe Merah Untuk Penyakit CTS

Jahe merah pada umumnya sering digunakan sebagai bahan-bahan untuk ramuan obat-obatan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Jahe merah ini sangat mirip dengan tanaman herbal lainnya seperti kunyit. Sedangkan untuk jaher kuning atau jahe putih sangat cocok untuk dijadikan bahan bumbu dapur. Jahe merah ini sangat cocok dijadikan sebagai bahan ramuan obat herbal. Manfaat jahe merah sebagai ramuan herbal ini sudah terkenal hingga ke penjuru dunia. Sebelum melanjutkan pembahasan jahe merah untuk pengobatan, kita kenali terlebih dahulu jahe merah itu seperti apa dan juga penyakit CTS (Kesemutan) itu apa.

( Baca Juga : QnC Jelly Gamat )

Seperti apa bentuk Jahe Merah ?

Dari namanya saja sudah terlihat jelas bahwa jahe ini benar-benar berwarna merah. Bentuk jahe merah ini lebih kecil dibandingkan dengan jahe biasa pada umumnya. Jahe merah ini memiliki senyawa kandungan minyak atsiri tinggi dan rasa lumayan pedas, sehingga sangat berguna untuk bahan dasar ramuan herbal alami. Kandungan serat dari jahe merah ini lebih tinggi dibandingkan jaher biasa, serta ukuran rimpang dari jahe merah ini lebih kecil dengan kulit warna merah

Apa hubungannya Jahe Merah dengan Penyakit CTS ?

Jahe merah ini memiliki kandungan capsaicin, cineole, farnesene, aspartic, linolenic acid, caprylic acid, gingerdione, dan masih banyak lagi kandungan khasiat yang dimiliki oleh jahe merah ini. Kandungan yang ada pada jahe merah tersebut dapat membantu mengurangi rasa kesemutan di dalam tubuh. Tidak hanya dapat mengatasi penyakit seperti itu saja, jahe merah ini juga mampu membantu di dalam penyembuhan suatu penyakit ringan maupun penyakit yang membahayakan kesehatan tubuh. Para ahli menemukan kandungan unsul pati seperti yang terdapat pada tepung kanji. Serta kandungan jahe merah yang lain adalah serat-serat resin yang sedikit.

Mengenal penyakit CTS (Kesemutan)

Kesemutan ini adalah kondisi yang menyebabkan jari tangan mengalami rasa kesemutan, rasa sakit, atau bahkan mati rasa. 

Pada dasarnya, rasa kesemutan dan nyeri terjadi pada jari terutama 3 bagian luar, yakni jempol, jari tengah, dan telunjuk. Rasa panas dan terbakar juga bisa dirasakan dari kelingking sampai ke jari tengah. Terjadi nya Carpal Tunnel Syndrome ini karena adanya penekanan saraf di pergelangan tangan akibat dari peradangan atau retensi cairan.

Penekanan pada saraf akan mengakibatkan rasa sakit dan melemahkan otot-otot tangan yang menjadi ciri dari Carpal Tunnel Syndrome (CTS) ini. Carpal tunnel syndrome ini biasanya akan terasa parah rasa sakit nya apabila di malam hari dan ini merupakan sebuah gejala yang muncul secara berkembang dan perlahan. 

Tidak hanya digunakan untuk mengatasi penyakit kesemutan saja, tetapi banyak penyakit lainnya yang dapat diobati dengan menggunakan ramuan tradisional jahe merah ini. Untuk lebih jelas nya, berikut ini beberapa khasiat jahe merah untuk membantu mengobati penyakit lainnya, diantaranya :

Mengatasi Rematik

Jahe merah ini mampu membantu meredakan rasa sakit serta mengurangi bengkak pada sendi. Penyakit sendi asam urat atau lebih dikenal dengan rematik, ternyata bisa disembuhkan dengan menggunakan jahe merah.

Menyembuhkan Batuk

Jahe memiliki sifat yang menghangatkan bagi tubuh. Tetapi jahe merah lebih berkhasiat dan bermanfaat untuk mengatasi batuk dan sakit tenggorokan. Karena memiliki banyak kandungan yang berkhasiat di dalamnya.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh (Imun)

Seseorang yang mengalami batuk atau flu, itu tandanya sistem imun nya sedang mengalami penurunan. Disarankan agar meminum ramuan hangat menggunakan bahan jahe merah ini. Karena dengan meminum ramuan jahe merah ini dapat mengeluarkan racun yang ada pada dalam tubuh. Karena ketika seseorang meminum ramuan jahe merah ini akan meningkatkan keringat dan suhu pada tubuhnya akan meningkat.

Mengatasi Pengeroposan Tulang (Osteoporosis)

Untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang ini, harus dibiasakan meminumnya 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Karena untuk memperbaiki tulang dan juga persendian, dianjurkan untuk mengkonsumsinya secara rutin.

Membantu Mengobati Sakit Kepala

Bagi yang sudah terbiasa meminum ramuan jahe ini, pasti tidak akan mengalami stress atau pun pusing. Karena minuman jahe merah ini mampu membuat tubuh menjadi lebih fresh dan nyaman serta rasa lelah nya pun akan hilang dengan sendirinya.

Menangkal Mabuk Perjalanan

Jahe merah ini dapat menghilangkan rasa mual pada perut. Sifat yang menghangatkan dari jahe merah ini membuat tubuh akan menjadi lebih hangat dan segar kembali.

Manfaat Jahe Merah Untuk Penyakit CTS Manfaat Jahe Merah Untuk Penyakit CTS Manfaat Jahe Merah Untuk Penyakit CTS

Itulah semua pembahasan mengenai khasiat dan manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh. Dari mulai mengenali bentuk fisiknya sampai digunakan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Sangat lah efisien dan efektif bila menggunakan ramuan jahe merah ini bukan ? Dari semua pembahasan mengenai khasiat dan manfaat jahe merah untuk penyakit kesemutan (CTS) semoga menambah ilmu dan wawasan anda. Silahkan klik di –> Obat Penyakit CTS untuk informasi lebih lanjut nya. 

Baca Juga :

Obat Tradisional Bursitis di Apotik

Obat Tradisional Tendinitis di Apotik

Jus Buah-Buahan Yang Berkhasiat Mengatasi Syaraf Terjepit

Obat Tradisional Radang Tendon di Apotik

Ramuan Kayu Manis Untuk Mengatasi Penyakit CTS

Manfaat Jahe Merah Untuk Penyakit CTS

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*