Mengenal Penyakit Arthritis Gejala dan Pengobatannya

Mengenal Penyakit Arthritis Gejala dan Pengobatannya

Mengenal Penyakit Arthritis Gejala dan Pengobatannya –  Arthritis itu apa ? bagi orang awam memang pasti jarang sekali mendengar penyakit yang satu ini. Tetapi banyak yang tidak menyadari bahwa penyakit ini ada pada kehidupan sehari-hari kita. Baik yang dialami yang muda maupun yang lansia, semua bisa terdampak dengan penyakit ini apabila kita tidak selalu menjaga kesehatan kita. Namun disini kita akan Mengenal Penyakit Arthritis Gejala dan Pengobatannya secara mendalam.

13 - Mengenal Penyakit Arthritis Gejala dan Pengobatannya

1. Pengertian Arthritis

Artrhitis adalah salah satu jenis penyakit pada sendi peradangan atau pembengkakan terhadap satu sendi atau juga bisa lebih. Dapat juga mempengaruhi sendi-sendi yang lain yang disertai rasa sakit, kebengkakan, kaku terhadap bergerak. Jika dibiarkan akan dapat mempengaruhi sel-sel yang ada pada dalam tubuh sehingga dapat merusak pada jaringan tersebut.

Hasil dari penjelasan diatas mungkin ada sedikit gambaran, apa sih Arthritis itu ?

Ko bisa ada di dalam kehidupan sehari-hari ?

Ternyata bisa dibilang Arthritis itu dengan istilah “Rematik”. Bagi kaum lansia kata “Rematik” ini sudah tidak menjadi asing lagi, Mengapa ? karena ketika mereka mengalami hal nyeri sendi pada diri mereka, merek biasa menyebut nya dengan “Rematik” bukan dengan Arthritis. Tetapi harus ada yang anda semua ketahui,  bahwa Arthritis juga tidak hanya menyerang kepada kaum tua saja, yang muda bahkan anak-anak pun bisa terkena penyakit Arthritis ini.

Arthritis pada anak-anak biasa disebut dengan istilah Juvenile Idiopathic Artrhitis. Lebih banyak wanita dibandingkan dengan pria yang terkena Arthritis. Ada banyak jenis-jenis arthritis, terdapat 100 macam penyakit yang bisa disebut sebagai Arthritis. Disini kita hanya akan membahas  yang paling populer atau yang biasa terjadi dikalangan masyarakat saja. hanya ada beberapa jenis, yakni Osteoarthritis (OA), Arthritis gout (Pirai), Arthritis rheumatoid (AR), Juvenile rheumatoid arthritis (JRA) dan Fibromyalgia. 

(Artikel Terkait : Obat Herbal QnC Jelly Gamat )

Bagaimana cara kita Mengenal Arthritis beserta Gejala dan Pengobatannya ?

2. Jenis-jenis Arthritis

Berikut ini beberapa jenis penyakit arthritis :

Osteoarthritis (OA)

Adalah suatu kondisi yang menyebabkan sendi-sendi terasa sakit, kaku, dan bengkak yang timbul karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi diakibatkan inflamasi (Peradangan). biasanya terjadi pada lutut, paha, dan tulang belakang tetapi bisa terjadi juga pada sendi di tangan. Osteoarthritis ini bisa menyerang siapa saja, terutama bagi kaum lansia dan orang dewasa yang suka melakukan aktivitas berat. Pengapuran pada sendi tidak dapat disembuhkan, tetapi menjaga berat badan dalam batas normal dan selalu berprilaku pola hidup sehat seperti, berolahraga teratur, memakan makanan yang bergizi akan membantu menghambat terjadinya penyakit ini dan memperbaiki fleksibilitas. Hindari aktivitas berat dan olahraga kontak fisik.

Gejala Osetoarthritis

Biasanya terjadi perlahan-lahan diawali dengan rasa nyeri, karena kebanyakan orang tidak menyadari bahwa dirinya menderita penyakit tersebut sampai kondisinya cukup parah. Gejala yang tersering pada osteoarthritis adalah rasa sakit pada sendi yang terkena osteoarthritis setelah penggunanya berulang. diperparah dengan aktivitas mengangkat beban berat dan juga olahraga yang menggunakan kontak fisik. Berikut diantaranya gejala yang menyertai :

  • Kelenturan sendi sudah menurun.
  • Ada bunyi gesekan ketika sendi bergerak.
  • Sendi mudah nyeri, linu, bahkan bisa bengkak.
  • Peradangan.

Pengobatan dan Obat

Pengobatan untuk Osteoarthritis ini bisa digolongkan sulit untuk disembuhkan, tetapi penderita bisa mendapatkan perawatan khusus agar dapat beraktivitas secara normal. Berikut adalah pengobatan terbaik yang bisa mengurangi rasa sakit atau nyeri pada penderita Osteoarthritis, antara lain sebagai berikut :

  • Melakukan olahraga rutin agar otot dan sendi menjadi kuat tetapi olahraga yang ringan.
  • Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti, suplemen khusus sendi (jika berat badan berlebih harus menurunkannya)
  • Mengkonsumsi obat yang dosis-nya rendah atau dianjurkan oleh dokter seperti ( Analgesik, Obat anti-radang nosteroid, Analgesik topikal). untuk yang stadium lanjut bisa mengkonsumsi obat untuk Osteoarthritis berikut ini (Kortikosteroid, Suntikan asam hialuronat).

Arthritis Gout (Pirai)

adalah nyeri sendi yang ditandai dengan adanya pembengkakan pada sendi akibat dari penumpukan atau endapan di dalam sendi akibat dari tingginya kadar asam urat di dalam darah ( Hiperurisemia). Di kalangan Masyarakat Arthritis gout dibagi menjadi 2, yakni primer dan sekunder. Bagi yang gout primer adalah penyebabnya tidak diketahui karena adanya kelainan pada proses metabolisme tubuhnya. sedangkan, gout sekunder adalah gout yang penyebabnya dapat diketahui.

Gejala Arthritis Gout (Pirai)

Penyebab terjadinya arthritis gout adalah penumpukan asam urat dalam tubuh yang dihasilkan dari berbagai macam makanan yang mengandung protein seperti daging merah, jeroan, makanan laut, kacang merah, dan kacang polong. atau juga seseorang yang terlalu sering mengkonsumsi minuman beralkohol bisa berpotensi tinggi terkena penyakit asam urat ini. Berikut lebih rinci gejala-gejala awal yang sering muncul pada arthritis gout, diantaranya :

  • Bengkak, Kulit menjadi kemerahan, sakit jika disentuh.
  • Sulit digerakan pada bagian yang terkena.
  • Nyeri pada sendi yang memburuk dari waktu ke waktu.

Pengobatan dan Obat

Pengobatan untuk arhritis gout tergolong menjadi 2 bagian, yakni arthritis gout akut, dan arthritis gout ringan. untuk arthritis gout akut harus langsung dikonsultasikan ke dokter agar dapat ditangani dengan maksimal. sedangkan untuk yang masih tergolong ringan bisa dengan mengkonsumsi makanan-makanan atau pun mengikuti pola hidup sehat. 

Arthritis Gout (Akut) :

  • NSAID.
  • Kolkisin.
  • Kortikosteroid.

Arthritis Gout (Ringan) :

  • Banyak minum, karena air diperlukan untuk membersihkan asam urat yang terbentuk didalam ringan.
  • Kurangi asupan makanan tinggi purin, seperti daging merah, seafood, jamur, dan produk fermentasi.
  • Makanan berserat tinggi, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian adalah sumber serat yang baik untuk tubuh.
  • Hindari asupan kafein dan alkohol, menghambat lajunya peredaran darah karena terbentuknya ikatan kimiawi.
  • Perbanyak Vitamin C, asupan yang diperoleh dari makanan alami seperti buah jeruk, paprika, kubis, jambu biji, dan lain-lain.
  • Kurangi asupan gula, karena mengganggu ekskresi asam urat.
  • Mengkonsumsi cuka sari apel

Arthritis Rheumatoid (AR)

Ialah peradangan pada sendi kemudian menyebabkan rasa sakit, kaku, sampai bengkak pada sendi. Penyakit ini merupakan  penyakit autoimun (penyakit yang terjadi pada saat tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuhnya sendiri). Yang menyebabkan dapat menimbulkan peradangan dalam waktu yang cukup lama.

Gejala Arthritis Rheumatoid

Penyebab dari Arthritis rheumatoid adalah sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melawan infeksi, tetapi justru menyerang sel normal pda persendian dan membuat sendi terasa nyeri, bengkak, dan kaku. faktor yang mempengaruhi terjadi nya Arthritis rheumatoid adalah sebagai berikut : 

  • Jenis kelamin, wanita lebih banyak dibandingkan pria.
  • Usia, Usia tidak membatasi, tetapi yang sering terdampak dari penyakit ini kisaran usia 40-60 tahun.
  • Faktor keturunan, jika ada yang pernah mengalami didalam keluarga, anda lebih beresiko terdampak penyakit ini.

Pengobatan dan Obat

Cara terbaik untuk menangani Arthritis rheumatoid ini bisa dengan obat-obatan, terapi, olahraga, dan melakukan aktivitas untuk mencegah kelemahan sendi. Karena belum ada pengobatan yang pasti hingga saat ini. ada bahan-bahan alami untuk mencegah atau mengobati-nya. Diantaranya :

  • Lemak tak jenuh, bisa dibilang Omega-3 dan dapat diperoleh dari minyak kenari, kedelai, gandum, biji-bijian, dan kacang-kacangan lainnya.
  • Flavonoid dan karotenoid, ada pada buah-buahan dan sayuran

Juvenile Rheumatoid Arthritis (JRA)

Ialah penyakit rematik yang hanya terdapat pada anak-anak. usia yang biasa terjadi pada 7-12 tahun, tetapi dapat terdampak juga pada remaja bahkan bayi sekalipun. 

Gejala Juvenile Rheumatoid Arthritis (JRA)

Belum diketahui secara pasti apa penyebabnya hingga sekarang, tetapi juga tidak ada faktor yang menguatkan bahwa dari racun, makanan, atau alergi sekalipun menyebabkan anak untuk tedampak JRA. Berikut beberapa gejala yang ada pada JRA :

  • Sendi yang hangat saat disentuh
  • Pembengkakan dan nyeri di sendi
  • Mengurangi nafsu makan dan atau penurunan berat badan
  • Aktivitas menurun
  • Masalah tidur, dan sebagainya.

Fibromyalgia

Merupakan nyeri pada tulang dan otot yang menjalar ke seluruh tubuh hingga membuat penderita mengalami kesakitan di sekujur tubuhnya, sehingga aktivitas sehari-hari nya menjadi terganggu. Kondisi ini bersifat jangka panjang atau kronis. Penyakit ini dapat ada dengan sendirinya dalam tubuh atau merupakan bagian dari penyakit lain, seperti penyakit rematik (Arthritis Rheumatoid) atau penyakit lupus sistemik ( Sistemik Lupus Eritematosus).

Gejala Fibromyalgia

Gejala fibromyalgia ini  kadang muncul akibat dari trauma fisik, operasi, infeksi, perubahan cuaca atau stress terhadap psikologi yang cukup berat, . Pada beberapa kasus, gejala dapat memburuk secara bertahap tanpa kejadian yang memicu. Tetapi memiliki banyak gejala dan tidak sama untuk setiap penderita. Hal yang paling menonjol atau memiliki kesamaanya ialah rasa sakit dan nyeri yang dialami penderita diseluruh tubuhnya. Terkadang bisa juga meliputi gejala-gejala lain yakni :

  • Tubuh sangat sensitif terhadap rasa sakit.
  • Otot kaku.
  • Depresi.
  • Kecemasan, dan sebagainya.

Pengobatan dan Obat

Pengobatan nya banyak cara, diantaranya :

  • Penggunaan obat-obatan.
  • Obat pereda nyeri.
  • Obat antidepresan.
  • Obat tidur.
  • Fisioterapi.

Bukan hanya dengan obat-obatan, tetapi di makanan pun harus tetap terjaga. Berikut adalah makanan-makanan bagi penderita Fibromyalgia :

  • Soba.
  • Buah ara.
  • Bayam dan sayuran hijau.
  • Cabai.
  • Nanas.

3. Pengobatan dan Pencegahan Arthritis

Untuk pengobatan medis dapat diobati secara terpenuhi, seperti untuk Osteoarthritis (Obat penghilang rasa sakit, Obat non-steroid anti-inflamasi seperti ibuprofen, Kortikosteroid). Untuk arthritis rheumatoid (Obat NSAID). 

4. Pengobatan Arthritis Menggunakan Bahan-Bahan Alami

  • Pijat Dengan Garam Hangat.
  • Jus Buah Campur.
  • Mandi di laut.
  • Ramuan Bubuk Kunyit, Jahe, dan Madu.
  • Ramuan Air Kentang.

Demikian informasi tentang Mengenal Penyakit Arthritis Gejala dan Pengobatannya. Semoga bermanfaat untuk anda dan juga menambah ilmu pengetahuan mengenai tentang kesehatan untuk anda aamiin. Bagi anda yang sedang mencari solusi terbaik untuk mengobati penyakit sendi dan tulang anda. Kami menganjurkan anda untuk mengkonsumsi Walatra Sehat Sendi sekarang. Untuk informasi selengkapnya mengenai Khasiat Walatra Sehat Sendi klik di -> Khasiat Walatra Sehat Sendi

Baca Juga : 

Mengenal Penyakit Gout (Asam Urat) Gejala dan Pengobatannya

Mengenal Penyakit Radang Sendi Gejala dan Pengobatannya

Mengenal Penyakit Encok Gejala dan Pengobatannya

Mengenal Penyakit Sakit Lutut Gejala dan Pengobatannya

Jenis-Jenis Penyakit Pada Sendi

Mengenal Penyakit Arthritis Gejala dan Pengobatannya

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*