Mengenal Penyakit Fraktur Collum Femur Gejala dan Pengobatannya

Mengenal Penyakit Fraktur Collum Femur Gejala dan Pengobatannya

Mengenal Penyakit Fraktur Collum Femur Gejala dan Pengobatannya–  Seiring dengan kemajuan zaman, teknologi, dan transportasi, lalu lintas di indonesia baik membuat perkembangan pesat. Baik dari segi jumlah pejalan kaki, jumlah kendaraan, dan jumlah pemakai jasa angkutan umum ikut juga mempengaruhi bertambahnya jaringan jalan dan kecepatan kendaraan. Sehingga memungkinkan besarnya terjadi fraktur adalah akibat dari kecelakaan lalu lintas. Ketika kita berkendara dengan kecepatan tinggi, terkadang kita sering mengalami trauma. Dan seharusnya kita juga waspada terhadap trauma organ-organ lain yang kemungkinan diakibatkan oleh polytrauma.

26 - Mengenal Penyakit Fraktur Collum Femur Gejala dan Pengobatannya

Untuk itu kita harus berhati-hati juga terhadap trauma-trauma lain seperti jatuh dari ketinggian, kecelekaan kerja, cedera olahraga. Sehingga kita harus bisa membayangkan rekonstruksi apa yang akan menimpa kita. Agar kita dapat  menduga fraktur yang akan kita alami. Ketika kita trauma itu akan membuat organ-organ penting lainnya bisa terpengaruh.

Tulang dalam tubuh manusia mempunyai banyak kegunaan yaitu sebagai  pelindung organ tubuh ,penunjang jaringan tubuh, memungkinkan gerakan dan berfungsi sebagai tempat penyimpanan garam mineral. Namun fungsi tersebut bisa saja hilang dengan sebab terjatuh, benturan atau kecelekaan. Fraktur bisa disebut dengan istilah “Patah Tulang”. Jadi fraktur atau patah tulang adalah terputusnya kontinuitas jaringan tulang atau tulang rawan yang umumnya disebabkan oleh paksaan.

Baca Juga : Obat Tradisional QnC Jelly Gamat

Pastinya patahan itu lengkap dan fragmen tulang bergeser. Apabila tidak ada fraktur yang menghubungkan dengan permukaan kulit luar atau pun di atasnya masih utuh, ini bisa disebut dengan istilah fraktur tertutup. Sedangkan apabila ada luka yang menghubungkannya fraktur dengan permukaan kulit yang cenderung untuk mengalami goresan atau kontaminasi dan infeksi di permukaan kulit ini bisa disebut dengan istilah fraktur terbuka.

Jadi apa itu Fraktur Collum Femur ?

Menurut para ahli Fraktur collum femur artinya Fraktur (patahan tulang) yang terjadi pada tulang collum femur. Jadi jika diperjelas, Fraktur Collum Femur adalah dimana mekanisme fraktur bisa disebabkan oleh trauma langsung maupun tidak langsung. Trauma langsung, bisa dicontohkan ketika kita jatuh dari kendaraan motor dan motornya menimpa tubuh kita dan sehingga terjadi benturan keras. Sedangkan trauma tidak langsung disebabkan gerakan exorotasi yang mendadak dari tungkai bawah.

Collum femur sering terjadi pada kaum usia lanjut. Sebagian besar yang mengalami adalah wanita yang berusia 60 ke atas dan berkaitan dengan osteoporosis. Sedangkan untuk kaum anak muda biasa terjadi ketika kecelekaan, jatuh dari ketinggian. Dan biasanya menyerang kaum laki-laki dewasa. Ketika terjadi kecelakaan pada fraktur femur ini biasanya penderita akan mengalami pendarahan yang berat, mengalami syok, sampai pingsan.

Gejala apa saja jika terkena Fraktur Collum Femur ?

Banyak sekali gejala yang bisa dialami penderita fraktur collum femur, berikut beberapa gejala umum fraktur collum femur, diantaranya :

  • Deformitas, diakibatkan karena perpindahan fragmen pada fraktur lengan atau tungkai
  • Krepus, Gesekan antara fragmen satu dengan yang lainnya.
  • Tulang menjadi pendek dikarenakan akontrkasi otot yang menyatu di atas dan bawah tempat fraktur
  • Peradangan lokal dan perubahan warna pada kulit sebagai akibat dari trauma dan gangguan sirkulasi yang mengikuti fraktur.
  • Terus menerus merasakan nyeri hingga bertambahnya berat sampai tulang sulit dimobilisasi.

Jika mengalami gejala yang parah, segera melakukan pengecekan kepada dokter supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Juga tidak memperparah keadaan yang dialami.

Penyebab apa yang menjadi faktor utama dalam fraktur  ?

Fraktur atau bisa disebut juga patah tulang ini, dimana kondisi hubungan atau jaringan pada tulang sudah terputus. Penyebab fraktur (patah tulang) ada beberapa yakni, diantaranya :

  • Trauma Langsung, Dimana kondisi tubuh berbenturan sehingga mengakibatkan tulang mengalami fraktur di tempat kejadian.
  • Trauma Tidak Langsung, Benturan ini jauh dari keadaan tempat dimana benturan terjadi.

Berikut ini juga ada beberapa faktor yang mempengaruhi proses penyembuhan fraktur seseorang. sebelum kita melanjutkan dalam cara pengobatan dan obat apa yang digunakan oleh penderita Fraktur collum femur. Diantaranya sebagai berikut :

  • Tempat lokasi fraktur, Fraktur pada daerah dekat persendiaan akan sedikit sulit disembuhkan dibandingkan dengan fraktur yang ada pada otot.
  • Aliran Darah ke Fragmen Tulang, Penyembuhan akan lebih cepat dan tanpa komplikasi, apabila aliran darahnya sangat baik.
  • Usia, Ini dikarenakan pada usia yang sudah tergolong usia lanjut, tulang-tulang sudah mengalami pengendoran akibat dari osteoporosis. Sehingga akan lama dalam proses penyembuhan pada fraktur.
  • Dislokasi fraktur,  Benturan secara langsung atau pun tidak langsung sehingga terjadi fraktur (patah tulang), sampai menyebabkan dislokasi yang besar. Itu akan membuat penyembuhan semakin lama. Dan sebaliknya, jika dislokasi kecil itu akan semakin cepat dalam proses penyembuhannya.

Pengobatan dan Obat apa yang digunakan untuk penderita Fraktur ?

Untuk pengobatan bagi penderita fraktur (patah tulang), dibagi menjadi beberapa tahap, berikut diantaranya :

  1. Peradangan (Inflammation), Pendarahan sekecil apapun baik itu untuk tulang patah yang terbuka maupun yang tertutup, dan membuat jaringan disekitarnya membengkak, memerah dan terasa hangat ketika disentuh serta tentunya disertai rasa nyeri. Tahap ini berlangsung sekitar 2-3 minggu.
  2. Pembentukan Kalus Halus (Soft Callus), Tahap ini akan membantu dalam menyambungkan ujung kedua tulang yang patah. Ini berlangsung biasanya sekitar 4-8 minggu setelah cedera.
  3. Pembentukan Kalus Keras (Hard Callus), Tahap ini sudah bisa menjembatani tulang yang patah tadi menjadi tersambung dan juga dapat dilihat menggunakan X-rays atau rongsen. Dengan waktu sekitar 8-12 setelah nyeri, baru tulang ini akan mengisi celah tulang yang kosong.
  4. Remodeling tulang, Tulang yang patah pun akan memperbaiki diri nya setiap cacat yang ada dari akibat cedera. Ini tahap akhir, dimana tulang dapat bertahan untuk beberapa tahun kedepan.

Ada banyak obat-obatan alami yang dapat memperbaiki penyakit sendi fraktur collum femur ini, berikut beberapa diantaranya :

  1. Teh Hijau, Mengkonsumsi teh ini bisa meredakan dan juga menyembuhkan penyakit fraktur collum femur. Meski rasanya pahit, ternyata teh hijau ini memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan.
  2. Berhenti Merokok, Karena merokok bisa menyebabkan kepadatan tulang menjadi kurang. Hal ini diakibatkan  kandungan mineral pada orang yang merokok itu sedikit. 
  3. Susu, Bisa menjadi solusi untuk yang mempunyai kelemahan dalam tulang nya. Karena susu mengandung kalsium yang tinggi dan dapat menjadi penopang kesehatan dan kekuatan tulang.
  4. Daun Komfrey, Dikenal sebagai obat tradisional yang kemampuannya dapat disebut dengan rajutan tulang. Kenapa bisa disebut sebagai rajutan tulang ? karena herbal alami ini, memiliki kandungan allantoin dan anti-inflamasi yang luar biasa. Kandungan ini juga membantu proses penyembuhan luka dan memicu pertumbuhan sel.
  5. Daun Bakung, Tanaman tradisional ini tidak dikenali di perkotaan masyarakat. Padahal tanaman ini memiliki khasiat untuk penyakit patah tulang, tulang dan sendi bergeser, tulang terkilir, mengobati rematik, dan radang kulit. Dikarenakan daun bakung memiliki kandungan krinidina, hemantamina, krinamina, dan likorina.

Saran dan Tips

Selalu berhati-hati dalam kegiatan atau aktivitas apapun. Karena penyakit tidak hanya datang dari luar saja, tetapi dari dalam tubuh pun bisa ada. Jika tidak tahu cara untuk mengobati patah tulang, jangan melakukan hal-hal yang justru tambah memperparah keadaan penderita. Jangan panik dan cemas bila mengahadapi suatu penyakit.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai pembahasan materi tentang Mengenal Penyakit Fraktur Collum Femur Gejala dan Pengobatannya, tentunya banyak kekurangan dan kesalahan karena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang kami peroleh sehubungan dengan pembahasan kali. Semoga materi pembahasan kali ini dapat bermanfaat bagi anda ammiin. Bagi anda yang menderita Fraktur Collum Femur atau penyakit sendi lainnya, Anda berada di halaman yang tepat. Karena kami akan menawarkan solusi terbaik untuk permasalahan sendi dan tulang anda.

Dengan cara apa ? dengan mengkonsumsi Obat Herbal Sehat Sendi secara teratur sekarang. Untuk informasi selengkapnya mengenai Khasiat Herbal Sehat Sendi, silahkan cek di –> khasiatwalatrasehatsendi.web.id

 

Mengenal Penyakit Fraktur Collum Femur Gejala dan Pengobatannya Mengenal Penyakit Fraktur Collum Femur Gejala dan Pengobatannya Mengenal Penyakit Fraktur Collum Femur Gejala dan Pengobatannya 

Baca Juga :

Mengenal Penyakit Ischialgia Gejala dan Pengobatannya

Mengenal Penyakit Encok Gejala dan Pengobatannya

Mengenal Penyakit Sakit Lutut Gejala dan Pengobatannya

Mengenal Penyakit Spondylosis Lumbalis Gejala dan Pengobatannya

Mengenal Penyakit Keseleo dan Tegang Gejala dan Pengobatannya

Mengenal Penyakit Fraktur Collum Femur Gejala dan Pengobatannya

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Obat Sakit Tulang Belikat Sebelah Kiri dan Kanan di Apotik
  2. Obat Sakit Tulang Belikat Sebelah Kanan di Apotik Obat Herbal Sehat Sendi
  3. Cara Memijat Tulang Belikat Menggunakan Titik Refleksi
  4. Mengobati Tulang Belikat Dengan Kunyit Alami dan Tradisional

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*