Mengenal Penyakit Ischialgia Gejala dan Pengobatannya

Mengenal Penyakit Ischialgia Gejala dan Pengobatannya

Apa yang kamu ketahui tentang Ischialgia ? Bagaimana  caranya mengobati ischialgia ? Ketika teman saya menanyakan ” apa bedanya ischialgia dengan sciatica ? ” Saya hanya sedikit tersenyum, saya menjawabnya “Itu sama saja bro, tapi yang membedakan adalah yang satu menggunakan bahasa belanda dan yang satu nya lagi menggunakan bahasa jowo” Beda tapi sama. Dia malah tertawa terbahak-bahak. Mengenal Penyakit Ischialgia Gejala dan Pengobatannya .

20 - Mengenal Penyakit Ischialgia Gejala dan Pengobatannya

Di indonesia sendiri kata sciatica dan ischialgia  belum digunakan sebagai istilah umum untuk penyakit sendi di dalam kehidupan sehari-hari. Apakah anda pernah merasakan nyeri sendi pada bagian tungkai ? berdasarkan penelitan para ahli, Itu sudah termasuk kepada sebagian gejala yang dialami penderita mengenai jenis penyakit sendi ischialgia. Disini kita akan lakukan pembahasan Ishialgia lebih lanjut.

(Baca Juga : Obat Alami QnC Jelly Gamat )

Apa Pengertian Ischialgia ?

Menurut beberapa ahli kedokteran, penyakit sendi Ischialgia adalah “Nyeri bokong atau panggul, nyeri yang disebabkan syaraf ischiadikus”. Untuk lebih jelas nya lagi yakni, Suatu kondisi saraf ischiadikus yang mempersyarafi dari daerah bokong sampai kaki hingga terjepit. Dalam kasus ini syaraf yang terjepit adalah syaraf ischiadikus baik yang sebelah kanan ataupun sebelah kiri. Bisa di picu  berbagai sebab, namun yang paling sering terjadi yakni HNP (Hernia Nucleus Pulposus).

Pengertian HNP (Hernia Nucleus Pulposus) sendiri  adalah kondisi pada sendi atau cakram sendi di antara vertebrata (tulang belakang) yang keluar dari posisi semula sehingga membuat syaraf menjadi terjepit. Kondisi ini sering disebut juga dengan istilah “Syaraf Terjepit”. Untuk HNP terdapat beberapa cara pengobatan yakni bisa dilakukan dengan obat-obatan, fisioterapi, sampai bisa dioperasi untuk kasus yang berat.

Rasa nyeri ischialgia akan meningkat frekuensi nya seiring dengan banyaknya melakukan aktivitas berat. Ischialgia yang  digunakan oleh istilah kedokteran adalah  untuk merujuk kepada keadaan jaringan yang abnormal pada syaraf ischiadikus. Sedangkan menurut masyarakat awam pada umumnya, menginterpretasikan penyakit sendi ischialgia ini dengan sebutan nyeri pada pantat.

Gejala apa saja yang bisa diketahui ?

Penyakit sendi ishcialgia ini biasanya hanya mengenai bagian satu sisi sendi saja. Rasa nyeri nya seperti serasa ditusuk jarum, sakit nagging, atau seperti ditembak. Nyeri yang dialami penderita ischialgia biasanya merasakan kekakuan pada kaki nya. Akibatnya dari penyakit sendi ischialgia ini sulit berjalan, berlari, meluruskan kaki, dan menaiki tangga sehingga bisa memperburuk keadaan nyeri tersebut. 

Gejala lain yang sering dialami oleh penderita penyakit sendi ishcialgia biasanya merasakan sakit ketika membungkukan badan  atau banyak berdiri dan berjalan yang terlalu lama. Gejala ini biasa diprovokasi juga oleh mengangkat barang yang berat atau duduk bekerja yang terlalu lama. Apabila dibiarkan terlalu lama, maka akan mengakibatkan melemahnya anggota badan bawah atau tungkai bawah yang juga disertai mengecilnya otot-otot tungkai bawah tersebut.

Berikut beberapa gejala yang sering dialami, diantaranya :

  • Nyeri punggung di bagian bawah
  • Rasa kaku atau nyeri pada bagian punggung bawah
  • Nyeri daerah bokong
  • Nyeri yang menjalar seperti terasa kesetrum

Yang sering dialami adalah nyeri punggung bagian bawah ini. Sedangkan nyeri punggung bagian bawah ini adalah salah satu jenis penyakit sendi yakni Spondylosis Lumbalis (Osteoarthritis pada bagian bawah punggung).  Bila penyakit sendi ishcialgia ini terus mengalami peningkatan rasa nyeri nya, sebaiknya anda langsung periksa dan konsultasikan dengan dokter. Karena, jika tidak langsung ditangani dengan perawatan akan meningkatkan resiko memicunya timbul gejala lain atau penyakit lain.

Apa penyebabnya sehingga terjadi ischialgia ?

Penyebab dari ischialgia yaitu, nyeri diakibatkan terjepit nya suatu syaraf ischiadikus. Kondisi ini dapat disebabkan beberapa hal, yakni :

  • Ischialgia diskogenik, Yakni disebabkan oleh Hernia Nucleus Pulposus (HNP).
  • mekanik, Yakni diakibatkan oleh spondylosarthrosis, patah tulang panggul, penyakit radang panggul, dsb.
  • non-mekanik, Yakni disebabkan oleh radikulitis tuberkulosa, neuropati rematik, neuropati diabetik, dbs.

Terhadap beberapa orang ada beberapa penyebab yang tidak bisa dikenali.  Kemungkinan penyebab tersebut diakibatkan piringan hernia nucleus pulposus, tidak teraturnya tulang, dan mungkin saja disebabkan dari pembengkakan akibat dari keseleo.

Berikut beberapa penyebab umum ischialgia, diantarnya :

  • Kontraksi atau radang pada otot-otot daerah bokong.
  • Adanya pengapuran pada tulang belakang 
  • Hernia Nucleus Pulposus (HNP) juga bisa jadi penyebabnya

Ketiga penyebab diatas adalah yang paling sering terjadi. Untuk lebih mengetahui apakah kita terjangkit salah satu penyakit sendi ischialgia ini, bisa digunakan dengan cara melakukan beberapa tes. Salah satunya melakukan beberapa tes dengan terapi mengangkat kaki hingga mencapai  yang mengalami nyeri, dan jika merasakan nyeri ketika diangkat pada sudut 60-70 derajat, bisa disebut orang itu mengalami ischialgia.

Pengobatan dan Obat 

Terdapat banyak cara pengobatan untuk menangani ischialgia, bisa dengan obat-obatan, fisioterapi, dan juga bedah (operasi). Untuk ischialgia ini umumnya tidak selalu harus dengan cara dibedah tetapi dengan obat-obatan dan juga fisioterapi sudah bisa sembuh. Berikut penjelasan untuk secara rincinya. 

1. Bedah (Operasi), Apabila dilakukannya pembedahan atau operasi, biasanya keadaan penderita sudah mengalami tingkatan yang parah. Sehingga diperlukannya operasi untuk kondisi yang bisa mempengaruhi tulang, otot, dan persendiaan. Biasanya dalam medis selalu ada tahap-tahapan yang harus dijalani sebelum melakukan bedah (operasi). Yakni dengan tahap mencegah, mendiagnosis, dan mengobati penyakit.

2. Fisioterapi, Fisioterapi adalah proses pengembalian fungsi tubuh seseorang agar terhindar dari cacat fisik. Prosedur yang dilakukan dalam fisioterapi dilakukan dengan beberapa tahap yakni pencegahan, diagnosis, serta penanganan untuk ganguan fisik pada tubuh akibat cedera atau penyakit. Fisioterapi untuk penyakit ischialgia bisa dilakukan dengan cara seperti berikut :

  • Teknik perawatan kiropraktik, Menyesuaikan tulang belakang dan memijat otot punggung untuk meredakan nyeri.
  • Peregangan otot, latihan peregangan dapat meningkatkan fleksibilitas dan fungsi fisik
  • Pijat, Melemaskan otot yang tegang
  • Akupuntur, Pemasukan jarum-jarum ke titik tertentu pada tubuh untuk menghilangkan rasa nyeri dan mengobati kondisi lain.

3. Obat, Obat juga sangat berpengaruh terhadap proses penyembuhan dalam penyakit. Dan obat juga sering digunakan oleh kebanyakan masyarakat, dibandingkan dengan cara pengobatan lainnya. Berikut beberapa Obat yang mengatasi ischialgia :

Obat Alami

  • Daun Alpukat, Tidak hanya digunakan sebagai obat batu ginjal saja, Tetapi daun alpukat ini juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit sendi ischialgia ini.
  • Daun Seribu, Daun seribu ini memiliki kandungan diaforetik, antipiretik, diuretik, hipotensif, dan juga antiseptik. Bermanfaat digunakan sebagai obat ischialgia.
  • Daun Bakung, Ternyata daun bakung ini bukan bukan hanya untuk menyembuhkan penyakit sendi keseleo dan bengkak, tetapi daun bakung juga bisa mengatasi penyakit ischialgia.
  • Tanaman Valerian, Sangat jarang di kehidupan sehari-hari, tetapi tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit sendi. 

Referensi diatas bukanlah yang terbaik, apabila ada gejala yang menimbulkan tambah sakit segera langsung periksa ke dokter. Agar dilakukan penanganan khusus. Walaupun cara pengobatan-pengobatan yang dilakukan tanpa perlu ke dokter bisa menyembuhkan, tetapi harus menggunakannya dengan tidak melebihi batas. 

Tips dan Saran

Penyakit sendi ischialgia ini seringkali bersifat sementara dan akan membaik dengan sendirinya dengan melakukan tips berikut :

  • Pelajari bagaimana posisi tubuh yang baik (Hindari duduk dalam 1 posisi untuk jangka waktu yang lama, seimbangkan kaki ketika berdiri atau berjalan).
  • Untuk meredakan sakit ischialgia, bisa menggunakan kompres hangat atau memakai analgetik (salep) yang ada di pasaran-pasaran.
  • Jangan terlalu stress, tegang, dan cemas.
  • Dan istirahat yang cukup, Jangan melakukan aktivitas berat yang berlebihan. 

Jika penyakit nya tetap belum membaik, sebaiknya anda langsung saja konsultasi kepada dokter. Karena dokter akan mendiagnosis terhadap gejala penyakit yang kita alami.

Demikian pembahasan materi kali ini mengenai Mengenal Penyakit Ischialgia Gejala dan Pengobatannya. Tentunya banyak kekurangan karena kurangnya rujukan dan referensi pembahasan materi tentang Mengenal Penyakit Ischialgia Gejala dan Pengobatannya ini. Semoga anda mendapatkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat tentang kesehatan anda aamiin. Bila anda mencari solusi untuk pengobatan sendi dan tulang anda, kami siap melayani disini. Karena kami akan menawarkan solusi yang terbaik untuk permasalahan sendi dan tulang anda. 

Dengan cara bagaimana ? dengan mengkonsumsi Obat Herbal Sehat Sendi mulai dari sekarang. Agar lebih mengetahui informasi tentang Herbal Sehat Sendi, silahkan cek di  -> khasiatwalatrasehatsendi.web.id

Mengenal Penyakit Ischialgia Gejala dan Pengobatannya Mengenal Penyakit Ischialgia Gejala dan Pengobatannya

Baca juga :

 Penyakit Spondylosis Lumbalis Gejala dan Pengobatannya

Mengenal Penyakit Keseleo dan Tegang Gejala dan Pengobatannya

Penyakit Sakit Lutut Gejala dan Pengobatannya

Mengenal Penyakit Encok Gejala dan Pengobatannya

Penyakit Gout (Asam Urat) Gejala dan Pengobatannya

Mengenal Penyakit Ischialgia Gejala dan Pengobatannya

6 Trackbacks / Pingbacks

  1. Mengenal Penyakit Fraktur Collum Femur Gejala dan Pengobatannya
  2. Obat Sakit Tulang Belikat Sebelah Kiri dan Kanan di Apotik
  3. Obat Sakit Tulang Belikat Sebelah Kanan di Apotik Obat Herbal Sehat Sendi
  4. Obat Ischialgia di Apotik Aman dan Efektif serta Berkhasiat
  5. Obat Trigger Finger di Apotik Ampuh dan Berkhasiat serta Efektif
  6. Ramuan Kayu Manis Untuk Mengatasi Penyakit CTS Efektif dan Aman

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*