Mengenal Penyakit Spondylosis Lumbalis Gejala dan Pengobatannya

Mengenal Penyakit Spondylosis Lumbalis Gejala dan Pengobatannya

Mengenal Penyakit Spondylosis Lumbalis Gejala dan Pengobatannya – Apakah asing dengan salah satu jenis penyakit sendi ini ? tentunya di kalangan masyarakat, pasti  belum pernah mendengar kata penyakit sendi ini sebelumnya. Tetapi penyakit ini umum sekali dan sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari, Terutama untuk kalangan usia lanjut. Sangat berpotensi mengalami jenis penyakit sendi ini. 

19 - Mengenal Penyakit Spondylosis Lumbalis Gejala dan Pengobatannya

Apa itu Spondylosis Lumbalis ? 

Sebenarnya apa itu spondylosis lumbalis ? kenapa bisa kita temui di kehidupan sehari-hari ? Mengapa usia lanjut lebih rentan terkena spondylosis lumbalis ? 

Spondylosis Lumbalis adalah Efek dari bertambah nya usia (Penuaan), dikarenakan terjadi nya pengapuran tulang pada sendi di bagian corpus vertebra atau diskus intervertebralis (Bantalan tulang belakang). Bisa disebut dengan istilah degenerasi tulang rawan sendi (Osteoartrhitis) pada bagian tulang belakang. Spondylosis juga dapat terjadi pada tulang belakang leher, tulang belakang punggung atas dan tengah, serta tulang belakang punggung bawah. 

Salah satu jenis penyakit sendi yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari yakni spondylosis pada bagian tulang belakang punggung bawah (Lumbalis). Terutama bagi yang beraktivitas berat atau lanjut usia. Sehingga menyebabkan terbatasnya gerak sendi dan sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Penyakit sendi ini biasanya banyak dialami oleh kaum lanjut usia, dikarenakan pelemahan pada tulang-tulang mereka sehingga menjadi tidak elastis seperti pada saat muda.

Penyakit sendi spondylosis lumbalis ini lebih sering menyerang pada usia 45 tahun-an. Terjadinya degenerasi tulang belakang ini bisa muncul tanpa gejala atau pun sebaliknya. Menurut penelitian beberapa rumah sakit di Indonesia, yang dilakukakan oleh badan PERDOSSI pada bulan Mei 2002 dinyatakan jumlah penderita jenis penyakit sendi ini berjumlah 4.456 orang. Dimana 819 orang (sekitar 20%) adalah penderita sakit tulang belakang punggung bawah.

Studi lain mengenai jenis penyakit sendi ini dilakukan juga di beberapa rumah sakit Indonesia lainnya, menunjukan frekuensi bahwa yang terkena nyeri sendi tulang punggung bawah (Lumbalis) ini sekitar usia 45-65 tahun. Itu menunjukan bahwa penyakit sendi ini lebih dominan terhadap kaum lanjut usia. Sekitar 80% orang berusia lanjut (45-60 tahun) terbukti, bahwa pada penelitian sinar-X mereka terkena spondylosis.

Gejala apa yang akan kita alami ?

Sakit punggung akibat cakram sendi yang menonjol akan lebih buruk biasanya dengan melakukan aktivitas seperti berdiri lama, duduk terlalu lama, dan badan membungkuk maju. Dalam banyak kasus, kondisi ini tidak mengakibatkan gejala yang terlihat, hanya saja menempatkan pasien dalam pertumbuhan yang  berbahaya dari spondylosis. Karena pelemahan pada tulang atau juga menyebabkan tekanan lebih pada tulang yang retak. Kebanyakan penderita Spondylosis Lumbalis ini pada penelitian X-ray tidak memiliki gejala apapun. Faktanya, sekitar 27-37% spondylosis lumbalis ini terjadi pada seseorang tanpa gejala. 

Berikut beberapa gejala umum dari spondylosis adalah :
  • Kelemahan atau mati rasa pada sendi kaki dan tangan, jika kondisi cukup parah untuk mempengaruhi saraf tulang belakang.
  • Sakit kepala.
  • Nyeri pada bahu.
  • Rasa tidak nyaman pada punggung pada saat berbaring.
  • Pergerakan punggung abnormal.
  • Sulit berjalan.

Apabila ada gejala seperti yang diatas, segera lakukan konsultasi dengan dokter. Ada 2 jenis teknik yang dilakukan dokter dalam cara pengobatan, yakni dengan teknik bedah dan non-bedah. Untuk pengobatan non-bedah, biasanya bertujuan untuk meringankan gejala dan pencegahan dari timbulnya spondylosis. Dengan melindungi pasien dari tekanan berlebih pada tulang yang retak, Apabila tidak ditangani dengan benar, akan bisa berakibat fatal.

Apa penyebab seseorang menderita Spondylosis Lumbalis ?

Tidak ada yang tahu persis bagaimana cara membedakan seseorang itu terkena atau tidaknya degenerasi pada sendi seseorang. Tetapi ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang bisa terkena penyakit sendi Spondylosis Lumbalis ini.

Diantaranya sebagai berikut :
  • Genetik, Mungkin dengan keluarga yang memiliki riwayat penyakit spondylosis lumbalis ini bisa berdampak kepada keturunannya.
  • Jenis Kelamin, Pada usia 45 tahun ke atas, penyakit sendi spondylosis lumbalis ini lebih umum terjadi terhadap wanita. Dan untuk usia 45 tahun ke bawah, penyakit sendi ini lebih dominan terhadap pria.
  • Usia, Gejala sering dilaporkan pertama kali antara usia 20 dan 50 tahun. Sekitar 80% lebih, orang di atas 40 tahun memiliki bukti spondylosis pada penelitian X-ray.
  • Kelebihan berat badan (Obesitas)
  • Cedera atau trauma pada sendi
  • Orang yang terlalu sering mengangkat beban yang berat

Pengobatan dan Obat 

Pada umumnya penyakit spondylosis lumbalis ini akan membaik setelah dirawat beberapa waktu. Akan tetapi cara pengobatannya dapat dibeda-bedakan tergantung dari tingkat keparahannya penderita, selain itu  lamanya kondisi penyakit yang dialami oleh penderita bisa mempengaruhi kondisi penderita. Ada banyak cara pengobatan untuk jenis penyakit sendi ini, Bisa dengan fisioterapi atau dengan obat-obatan alami. Akan tetapi harus sesuai yang dianjurkan oleh dokter. Jika tidak mengikuti anjuran dokter, akan terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. 

Baca Juga :  Obat Herbal QnC Jelly Gamat

Beberapa cara dengan fisioterapi :
  • UltraSound, Sangat berguna untuk mengobati pada ligamen.
  • Corsets, Bagi yang sudah mengalami nyeri pinggang akut.
  • Penyangga Tulang Lumbar, menggunakan bantal untuk menahan tulang belakang ketika bersandar atau tidur.
  • Terapi Laser, Memperbaiki jaringan yang rusak dan mengurangi peradangan dengan menggunakan teknik laser tingkat rendah ke bagian punggung.
  • Suntikan, Menyuntikan obat-obat pereda nyeri ke bagian punggung.
Beberapa cara dengan obat-obatan alami :
  • Daun Kumis Kucing, Bukan hanya untuk menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan ginjal dan kandung kemih saja, Daun kumis kucing juga ternyata bisa mengurangi rasa nyeri pada pinggang. Kandungan yang dimiliki daun kumis kucing ini berdampak baik terhadap tubuh.
  • Kunyit, Para ahli meyakini bahwa kunyit ini memiliki kandungan kurkumin yang bersifat anti peradangan sehingga bisa meringankan sakit pinggang. Selain mudah di dapat, kunyit juga bisa diolah dengan mudah oleh sendiri di rumah. Bagi yang memiliki penyakit kantong empedu disarankan untuk tidak mengkonsumsi ramuan kunyit ini apalagi dengan dosis yang tinggi.
  • Kulit Pohon Gandarusa, Tanaman ini biasa disebut juga dengan dedadu, memiliki kandungan senyawa salisin yang mempunyai efek seperti aspirin. Tanaman Kulit Gandarusa ini juga dapat meredakan berbagai jenis penyakit sendi lainnya, seperti encok, kram otot, sampai rematik.
  • Devil’s Claw, , Jika tanaman ini sudah diolah menjadi obat minum, dipercaya memiliki efek yang mampu menandingi khasiat beberapa jenis obat anti-inflamasi non steroid (OAINS). Selain untuk obat untuk nyeri pinggang, tanaman devil’s claw ini mampu menangani penyakit sendi lainnya seperti penyakit asam urat, nyeri otot, dan sakit dada.
Saran

Untuk yang fisioterapi, tidak terlalu dianjurkan untuk dilakukan. Karena belum terbukti dengan benar bahwa bisa menyembuhkan sakit pinggang. Dan yang obat-obatan pun harus tetap berhati-hati dalam mengkonsumsi nya, jangan sampai mengkonsumsi dengan dosis yang berlebih. Jika ada sesuatu hal yang janggal ketika kita melakukan dengan cara pengobatan diatas, maka sebaiknya segera diperiksa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. 

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai pembahasan materi tentang Mengenal Penyakit Spondylosis Lumbalis Gejala dan Pengobatannya, tentunya banyak kekurangan dan kesalahan karena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang kami peroleh sehubungan dengan pembahasan kali. Semoga materi pembahasan kali ini dapat bermanfaat bagi anda ammiin. Bagi anda yang menderita spondylosis lumbalis atau penyakit sendi lainnya, Anda berada di halaman yang tepat. Karena kami akan menawarkan solusi terbaik untuk permasalahan sendi dan tulang anda.

Dengan cara apa ? dengan mengkonsumsi Obat Herbal Sehat Sendi secara teratur sekarang. Untuk informasi selengkapnya mengenai Khasiat Herbal Sehat Sendi, silahkan cek di –> khasiatwalatrasehatsendi.web.id

Mengenal Penyakit Spondylosis Lumbalis Gejala dan Pengobatannya Mengenal Penyakit Spondylosis Lumbalis Gejala dan Pengobatannya Mengenal Penyakit Spondylosis Lumbalis Gejala dan Pengobatannya Mengenal Penyakit Spondylosis Lumbalis Gejala dan Pengobatannya

Mengenal Spondylosis Lumbalis Gejala dan Pengobatannya

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Obat Sakit Tulang Belikat Sebelah Kiri dan Kanan di Apotik
  2. Mengenal Penyakit Ischialgia Gejala dan Pengobatannya
  3. Obat Trigger Finger di Apotik Ampuh dan Berkhasiat serta Efektif
  4. Daun Bakung untuk Sakit Tulang Belikat Khasiat dan Manfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*