Mengenal Penyakit Trigger Finger Gejala dan Pengobatannya

Mengenal Penyakit Trigger Finger Gejala dan Pengobatannya

Mengenal Penyakit Trigger Finger Gejala dan Pengobatannya – Banyak dari anda semua mungkin bingung dengan kata Trigger Finger ini. Sebenarnya apa sih Trigger Finger itu ? Kenapa kita harus tau Trigger Finger ? Apakah berbahaya penyakit Trigger Finger ini ? Apakah pernah mengalami ketika jari kamu tertekuk dan terasa kaku sehingga tidak bisa kembali ke posisi semula ? pada saat jari tertekuk, biasanya juga disertai rasa nyeri dan membutuhkan bantuan tangan yang satunya lagi untuk menarik jari yang tertekuk tersebut ke posisi semula.

35 - Mengenal Penyakit Trigger Finger Gejala dan Pengobatannya

Dalam medis atau kedokteran, keadaan ini bisa disebut dengan istilah Trigger Finger. Masih asing bagi sebagian orang mendengar istilah ini. Jari pelatuk adalah istilah umum jari tertekuk di kalangan masyarakat. Disebut jari pelatuk adalah keadaan jari yang menekuk seperti pelatuk pistol. Kalau kamu memang pernah mengalami hal seperti itu, berarti kamu pasti nya merasa bingung dengan apa yang terjadi pada jari kamu. Pastinya penasaran menjadi hal yang kalian pikirkan melihat keadaan jari kalian seperti itu. Serta anda juga ingin mengetahui mengapa bisa terjadi seperti itu dan bagaimana cara menangani nya jika mengalami hal tersebut.

(Baca Juga : Obat Tradisional QnC Jelly Gamat )

Apakah Trigger Finger (Jari Pelatuk) itu ?

Trigger Finger (Jari Pelatuk) adalah kondisi dimana jari mengalami posisi yang menekuk serta dalam keadaan terkunci, sehingga mengakibatkan rasa sakit dan membatasi pergerakan tangan yang terkena trigger finger (jari pelatuk) ini. Hal ini bisa disebabkan dari adanya tendon yang mengalami peradangan sehingga keadaan jari yang tertekuk menjadi bengkak dan juga disertai rasa nyeri.

Tendon sendiri adalah kumpulan beberapa jaringan ikat yang sangat kuat yang menghubungkan jaringan otot dengan tulang. Ketika pada saat jari ditekuk, tendon yang mengalami pembengkakan akan tertarik melewati sarung sempit, sehingga mengakibatkan suara sendi dengan diiringi rasa sakit.

Pada umumnya semua usia dapat mengalami jenis penyakit sendi yang satu ini. Tetapi penyakit sendi trigger finger ini lebih dapat mempengaruhi orang berumur di atas 45 tahun serta yang terkena dampak dari ini kebanyakan wanita dibandingkan dengan pria. Resiko seorang pekerja yang paling terkena dampaknya ialah penjahit, pengrajin kulit, dan dokter gigi.

Bagaimana gejala yang ditimbulkan oleh trigger finger ini ?

Ada banyak gejala yang bisa dilihat sebagai penyakit sendi trigger finger ini, yakni jari tangan sering dalam keadaan posisi tetap, terkunci, atau terperangkap pada saat akan melipat atau meregang. Jika ingin mengubah keadaan jari atau meluruskan posisi jari harus ada seseorang yang membantu meluruskan jari tersebut. Kebanyakan sakit yang ditimbulkan adalah pada tendon dan lebih terasa menyakitkan lagi ketika akan digerakkan.

Kepada anak-anak biasanya rasa sakit yang dialami nya pada bagian jempol nya. Sedangkan pada orang dewasa biasa mengalami nya  pada bagian jari tengah nya. Adapun berikut beberapa gejala yang lain, diantaranya :

  • Terasa ngilu atau meletup pada saat akan digerakan.
  • Jari yang terkunci dalam keadaan posisi membungkuk, dan menjadi lurus secara tiba-tiba.
  • Jari yang tidak dapat lurus kembali, dan keadaan jarinya yang terkunci dalam keadaan posisi membungkuk.
  • Benjolan di dasar yang terkena.
  • Pada pagi hari, jari menjadi terasa lebih kaku dari biasanya.

Pada jari tangan yang paling sering terpengaruh oleh trigger finger adalah jari jempol, jari manis, atau jari tengah. Walaupun semua jari dapat terpengaruh oleh jari yang lain sehingga mengalami nyeri sendi trigger fingeri ini dalam satu waktu yang bersamaan dan bahkan, kedua tangan pun bisa menjadi terpengaruhi. Ketika menggenggam sesuatu pada pagi hari akan menjadi lebih terasa gejala nya.

Apa yang menjadi penyebabnya terjadi Trigger Finger ?

Sebetulnya, penyakit sendi trigger finger ini terkadang tidak selalu jelas asal muasal penyebab nya. Tetapi indikasi yang sangat mempengaruhi terjadi nya Trigger Finger adalah arthritis reumatoid, asam urat, dan diabetes.

Lantas apa yang menjadi penyebab utama Trigger Finger ?

Menurut para ahli kedokteran, apa yang menjadi penyebab utama terjadinya trigger finger adalah Tendon pada jari yang mengalami penyempitan, sehingga tendon pada jari tangan pun mengalami iritasi dan peradangan. Tetapi, ada faktor lain yang mengakibatkan tringger finger atau meradangnya tendon, berikut beberapa diantaranya :

  • Tekanan yang dirasakan pada jari-jari tangan terutama pada jempol
  • Kondisi yang dialami seperti pada kondisi arthritis, encok dan diabetes
  • Trauma pada telapak tangan yang sedang mengalami sakit
  • Mengalami ketegangan pada jari akibat melakukan hal yang berulang
  • Meluruskan atau menggenggam sesuatu dalam waktu yang lama.

Tingginya resiko bagi sang penderita menegaskan, bahwa penyebab-penyebab tersebut bisa dialami oleh sang penderita. Apalagi bagi seseorang yang memfokuskan pekerjaannya menggunakan kekuatan jari-jari tangannya. Seperti Pengrajin kulit dan Penjahit. Bahkan menurut penelitian para ahli, bahwa wanita yang cenderung berumur 40-60 ke atas akan mengalami kondisi seperti ini. Lebih sering dialami pada jari-jari tertentu seperti jari jempol, jari tengah dan jari manis.

Pengobatan apa yang harus dilakukan ?

Biasanya pengobatan yang terbaik adalah untuk mengurangi peradangan dan mengembalikan gerakan pada jari agar seperti semula. Untuk penyebab trigger finger kelas ringan masih bisa membaik dengan menghindarinya. Tetapi, bisa juga dilakukan penyuntikan pada tendon melalui telapak tangan. Bisa lebih dari satu untuk bisa membantu meredakan kambuh nya trigger finger ini. Biasanya gejala akan hilang dalam waktu 3-5 hari dan jari tangan bisa bergerak lagi dalam 2-3 minggu kemudian. Suntikan itu akan meredakan gejala pada 65% pasien.

Apabila gejala terus memburuk,  dokter akan menyarankan untuk melakukan operasi dengan pembiusan. Lalu, dokter akan memulai membuat luka sayatan kecil pada permukaan telapak tangan dan sekitar jaringan tendon. Tetapi operasi ini juga tidak diperlukan sayatan, tetapi bisa juga menggunakan jarum. Dan apabila mengkonsumsi obat-obat yang menggunakan zat kimia, biasanya akan menimbulkan efek samping bagi tubuh untuk jangka waktu yang panjang.

Demikian informasi pembahasan tentang Mengenal Penyakit Trigger Finger Gejala dan Pengobatannya yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat untuk menambah wawasan anda semua aamiin –> Obat Sakit Trigger Finger

Baca juga :

Daun Bakung untuk Sakit Tulang Belikat

 Obat Sakit Tulang Belikat Sebelah Kanan di Apotik

Mengobati Tulang Belikat Dengan Kunyit

Cara Memijat Tulang Belikat

Obat Sakit Tulang Belikat Sebelah Kiri dan Kanan di Apotik

Mengenal Penyakit Fraktur Collum Femur Gejala dan Pengobatannya

Mengenal Penyakit Trigger Finger Gejala dan Pengobatannya

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Obat Sakit Tulang Belikat Sebelah Kiri di Apotik Bermanfaat dan Berkhasiat
  2. Obat Untuk Sindrom Carpal Tunnel Di Apotik Ampuh dan Berkhasiat

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*